ABSTRAK
Deni Rusmawandi. 2010.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN
BILANGAN BULAT MELALUI PEMBELAJARAN
KOOPERATIF. Penelitian Tindakan Kelas, Fakultas Tarbiyah, Program S1 PGSD/MI
Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Suryalaya Tasikmalaya
Pembimbing : 1) Drs. H. Andri Ardiansyah, MAg., 2) Drs
Haerun Suhendar
Kata-kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar Matematika,
Kelas V SD
Penelitian
Tindakan Kelas ini bertujuan menerapkan pendekatan pembelajaran Kooperatif pada
pembelajaran matematika sebagai upaya perbaikan dan peningkatan prestasi
belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Sukasari pada materi geometri bangun
datar. Penelitian ini dilaksanakan melalui 3 siklus masing-masing siklus
terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan / observasi dan
refleksi.
Penelitian
tindakan kelas menggunakan model partisipan maka guru peneliti bertindak
sebagai peneliti juga guru model yang diteliti usaha perbaikan yang
dilakukannya dalam pembelajaran dan dibantu rekan sejawat dalam proses
pengumpulan data melalui pengamatan. Analisa data secara deskriftif kuantitatif sederhana dengan proses
interaktif dilakukan dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, pengecekan teman
sejawat.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa meningkat melalui pembelajaran kooperatif
; (2) Prestasi belajar siswa meningkat. Pada siklus pertama rata-rata nilai
siswa 59,64 ; pada siklus kedua rata-rata nilai siswa meningkat jadi 62.57 dan pada
siklus ketiga mencapai 67,86 ; (3) Aktivitas guru dalam pembelajaran juga
mengalami peningkatan, melalui hasil pengamatan dari siklus pertama sampai
ketiga aktivitas guru meningkat signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang
dicapai maka pembelajaran kooperatif dapat diaplikasikan pada pembelajaran
matematika dan memperoleh hasil yang memuaskan.
No comments:
Post a Comment