BAB V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A.Kesimpulan
Berdasarkan permasalahan, tujuan dan hasil pembahasan dari penelitian Penggunaan Media Dekak-dekak
Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menjumlah bilangan cacah di Kelas IV Sekolah
Dasar Negeri 2 Kadupandak Kecamatan Tambaksari kabupaten Ciamis ini disimpulkan
sebagai berikut :
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Penelitian Tindakan Kelas materi menjumlah bilangan cacah di Kelas IV SD Negeri 2 Kadupandak sebagai berikut : a) guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas tidak sesuai dengan aspek-aspek yang ditentukan dalam kurikulum, b) setelah dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran disusun sesuai dengan sistematika pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Hasil penilaian observer pada pembuatan RPP siklus I mencapai nilai rata-rata 85, dan pada Siklus II mencapai nilai rata-rata 100. Menunjukan kinerja kinerja guru dalam pembuatan RPP terhadap materi menjumlah bilangan cacah melalui penggunaan media dekak-dekak meningkat.
- Pelaksanaan proses pembelajaran terhadap materi menjumlah bilanga cacah : a) sebelum pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas guru belum mampuh menggunakan media, metode dan seterategi pembelajaran yang tepat, b) setelah dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas terhadap materi menjumlah bilangan cacah guru mampuh menggunakan metode, media, dan seterategi pembelajaran
yang tepat
sehingga proses pembelajaran berjalan aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Hasil evaluasi dan observasi pelaksanaan pembelajaran terhadap menjumlah
bilanda cacah melalui penggunaan media dekak-dekak pada Siklus I rata-rata
mencapai nilai 70 dan pada Sikus II mencapai nilai rata-rata 95 artinya
proses pelakanaan pembelajaran materi menjumlah bilangan cacah setiap siklus
meningkat.
- Hasil belajar siswa terhadap menjumlah bilangan cacah melalui penggunaan media dekak-dekak dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan penilaian observer pada Siklus I mencapai nilai rata-rata 65dan pada Siklus II mencapi nilai rata-rata 88. Dengan demikian disimpulkan bahwa,penggunaan media dekak-dekak terhadap materi menjumlah bilangan cacah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
B. Rekomendasi
Berdasarkan data-data yang diperoleh
dari temuan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, penulis mengajukan
beberapa rekomendasi yang disampaikan sebagai berikkut :
1.
Perencanaan pembelajaran yang dibuat hendaknya disusun
sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan memperhatikan aspek-aspek diantaranya :
1) aspek kurikulum, 2) bahan pembelajaran , 3) strategi pembelajaran , 4) media
dan sumber belajar, 5) evaluasi, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
2.
dalam proses pelaksanaan pembelajaran matematika, guru
jangan mengabaikan media atau alat peraga yang dapat memudahkan pemahaman siswa
terhadap konsep yang disampaikan oleh guru
3.
Guru harus memprogramkan pelaksanaan Penelitian
Tindakan Kelas untuk menyelesaikan
masalah-masalah yang menghambat keberhasilan tindakan pembelajaran.
4.
Kepada Kepala Sekolah, lembaga pengelola pendidikan
diharapkan dapat meningkatkan partisipasi selakum Pembina dalam meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan para guru dilingkunga binaannya sehingga
terwujudnya guru profesional yang sanggup meningkatkan mutu pendidikan
5.
Penelitian ini dirasakan masih banyak keterbatasannya,
oleh karena itu diharapkan adanya tindak lanjut dan penyempurnaan khusunya bagi
peneliti berikutnya agar meningkatkan pegembengannya kedalam lingkup yang lebih
komfleks dan alokasi yang lebih luas.
Demikianlah rekomendasi yang penulis sampaikan, kritik dan saran yang
bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang diterima dengan tangan
terbuka.
PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
DINAS
PENDIDIKAN
UPTD
PENDIDIKAN KECAMATAN TAMBAKSARI
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KADUPANDAK
Dusun Sukamandi Desa Kadupandak Kecamatan
Tambaksari
SURAT KETERANGAN
Nomor 421.2/43 SD 2/ UPTD 29/2010
Kepala Sekolah Dasar Negeri 2 Kadupandak Kecamatan Tambaksari Kaupaten
Ciamis dengan ini menerangkan bahwa :
Nama : SUSANAH
NIM.
: 0811224
Waktu : Dari
Bulan Oktober sampai bulan Desember 2010
Program Studi : S 1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UPI Kampus Tasikmalaya
Benar nama tersebut telah melaksanakan penelitian dalam rangka menyusun
skripsi yang berjudul Penggunaan Media Dekak-dekak Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa dalam Menjumlah Bilangan Cacah di Kelas IV SD.
Demikian surat
keterangan ini dibuat untuk diketahui, dan dipergunakan sebagaimana mestinya.
Tambaksari,
20 Desember 2010
Kepala SD
Negeri 2 Kadupandak
Kacah S.Pd
NIP.1960071319820122004
Riwayat Hidup
Penulis
bernama SUSANAH dilahirkan di
kampong Pasisian desa Kaso Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Lahir pada
tanggal 9 September 1971 adalah anak ke 1 dari 2 bersaudara pasangan dari
seorang Ayah bernama DASTA YOGASWARA dan
seorang IBU
bernama UKAS
ROSITA
Penulis
dan keluarga adalah penganut Agama Islam.Tinggal di Kampung Pasisian RT 03 RW
11 Desa Kaso Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Pada tahun 1978 Penulis
mulai masuk Sekolah Dasar Negeri 1 Bolang di Kecamatan Dayeuhluhur lulus tahun
1984, selanjutnya masuk ke SMP N 1 Rancah di Kecamatan Rancah lulus pada tahun
1987. Setelah tamat dari SMP N 1 Rancah melanjutkan ke SPG Pasundan Banjar Di
Kecamatan Banjar kota
Banjar dan lulus tahun 1990. Pada Tahun 2003 Penulis melanjutkan sekolah di D2
IAILM Suryalaya Tasikmalaya. Penulis diangkat menjadi guru tahun 2007 dan
ditempatkan di SD N 2 Kadupandak
Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis sampai dengan sekarang.
Pada
tahun 2008 penulis masuk pendidikan S1 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Kampus Tasikmalaya sampai sekarang.
Nama
Siswa :…………………………………..
Kelas :………………………………….
Nilai Siswa :………………………………….
Paraf Guru :…………………………………..
LEMBAR
JAWABAN SISWA
SIKLUS
I
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Nama
Siswa :…………………………………..
Kelas :………………………………….
Nilai Siswa :………………………………….
Paraf Guru :…………………………………..
LEMBAR
JAWABAN SISWA
SIKLUS
II
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
No comments:
Post a Comment