Sunday, April 1, 2012

Contoh Abstrak Skripsi



  ABSTRAK

Deni Rusmawandi. 2010. MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Penelitian Tindakan Kelas, Fakultas Tarbiyah, Program S1 PGSD/MI Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Suryalaya Tasikmalaya
Pembimbing : 1) Drs. H. Andri Ardiansyah, MAg., 2) Drs Haerun Suhendar
Kata-kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas,  Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar Matematika, Kelas V SD
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan menerapkan pendekatan pembelajaran Kooperatif pada pembelajaran matematika sebagai upaya perbaikan dan peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Sukasari pada materi geometri bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan melalui 3 siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan / observasi dan refleksi.
Penelitian tindakan kelas menggunakan model partisipan maka guru peneliti bertindak sebagai peneliti juga guru model yang diteliti usaha perbaikan yang dilakukannya dalam pembelajaran dan dibantu rekan sejawat dalam proses pengumpulan data melalui pengamatan. Analisa data secara deskriftif  kuantitatif sederhana dengan proses interaktif dilakukan dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, pengecekan teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa meningkat melalui pembelajaran kooperatif ; (2) Prestasi belajar siswa meningkat. Pada siklus pertama rata-rata nilai siswa 59,64 ; pada siklus kedua rata-rata nilai siswa meningkat jadi 62.57 dan pada siklus ketiga mencapai 67,86 ; (3) Aktivitas guru dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan, melalui hasil pengamatan dari siklus pertama sampai ketiga aktivitas guru meningkat signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai maka pembelajaran kooperatif dapat diaplikasikan pada pembelajaran matematika dan memperoleh hasil yang memuaskan.

No comments:

Post a Comment