Sunday, April 1, 2012

contoh skripsi bab 5

http://kikiesaringgan.blogspot.com/2012/04/contoh-skripsi-bab-5.html
BAB  V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A.Kesimpulan
Berdasarkan permasalahan, tujuan dan hasil pembahasan  dari penelitian Penggunaan Media Dekak-dekak Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menjumlah bilangan cacah di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Kadupandak Kecamatan Tambaksari kabupaten Ciamis ini disimpulkan sebagai berikut :
  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Penelitian Tindakan Kelas  materi menjumlah bilangan cacah di Kelas IV SD Negeri 2 Kadupandak sebagai berikut : a) guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas  tidak sesuai dengan aspek-aspek yang ditentukan dalam kurikulum, b) setelah dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran disusun sesuai dengan sistematika pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Hasil penilaian observer pada pembuatan RPP siklus I mencapai nilai rata-rata 85, dan pada Siklus II mencapai nilai rata-rata 100. Menunjukan kinerja kinerja guru dalam pembuatan RPP terhadap materi menjumlah bilangan cacah melalui penggunaan media dekak-dekak meningkat.
  2. Pelaksanaan proses pembelajaran terhadap materi menjumlah bilanga cacah : a) sebelum pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas guru belum mampuh menggunakan media, metode dan seterategi pembelajaran yang tepat, b) setelah dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas terhadap materi menjumlah bilangan cacah guru mampuh menggunakan metode, media, dan  seterategi  pembelajaran
yang tepat sehingga proses pembelajaran berjalan aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Hasil evaluasi dan observasi pelaksanaan pembelajaran terhadap menjumlah bilanda cacah melalui penggunaan media dekak-dekak pada Siklus I rata-rata mencapai nilai 70 dan pada Sikus II mencapai nilai rata-rata 95 artinya proses pelakanaan pembelajaran materi menjumlah bilangan cacah setiap siklus meningkat.
  1. Hasil belajar siswa terhadap menjumlah bilangan cacah melalui penggunaan media dekak-dekak dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan penilaian observer pada Siklus I mencapai nilai rata-rata 65dan pada Siklus II mencapi nilai rata-rata 88. Dengan demikian disimpulkan bahwa,penggunaan media dekak-dekak terhadap  materi menjumlah bilangan cacah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
B. Rekomendasi
Berdasarkan data-data yang diperoleh  dari temuan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, penulis mengajukan beberapa rekomendasi yang disampaikan sebagai berikkut :
1.      Perencanaan pembelajaran yang dibuat hendaknya disusun sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan memperhatikan aspek-aspek diantaranya : 1) aspek kurikulum, 2) bahan pembelajaran , 3) strategi pembelajaran , 4) media dan sumber belajar, 5) evaluasi, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
2.      dalam proses pelaksanaan pembelajaran matematika, guru jangan mengabaikan media atau alat peraga yang dapat memudahkan pemahaman siswa terhadap konsep yang disampaikan oleh guru
3.      Guru harus memprogramkan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas  untuk menyelesaikan masalah-masalah yang menghambat keberhasilan tindakan pembelajaran.
4.      Kepada Kepala Sekolah, lembaga pengelola pendidikan diharapkan dapat meningkatkan partisipasi selakum Pembina dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru dilingkunga binaannya sehingga terwujudnya guru profesional yang sanggup meningkatkan mutu pendidikan
5.      Penelitian ini dirasakan masih banyak keterbatasannya, oleh karena itu diharapkan adanya tindak lanjut dan penyempurnaan khusunya bagi peneliti berikutnya agar meningkatkan pegembengannya kedalam lingkup yang lebih komfleks dan alokasi yang lebih luas.
Demikianlah rekomendasi yang penulis sampaikan, kritik dan saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang diterima dengan tangan terbuka.





PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN TAMBAKSARI
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KADUPANDAK
Dusun Sukamandi Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari
 



SURAT KETERANGAN
Nomor  421.2/43 SD 2/ UPTD 29/2010


Kepala Sekolah Dasar Negeri 2 Kadupandak Kecamatan Tambaksari Kaupaten Ciamis dengan ini menerangkan bahwa :

Nama                  : SUSANAH
NIM.                   : 0811224
Waktu                 : Dari Bulan Oktober sampai bulan Desember 2010
Program Studi    : S 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UPI Kampus Tasikmalaya

Benar nama tersebut telah melaksanakan penelitian dalam rangka menyusun skripsi yang berjudul Penggunaan Media Dekak-dekak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menjumlah Bilangan Cacah di Kelas IV SD.
Demikian surat keterangan ini dibuat untuk diketahui, dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tambaksari, 20 Desember 2010
Kepala SD Negeri 2 Kadupandak


Kacah S.Pd
NIP.1960071319820122004
Riwayat Hidup
 

Penulis bernama SUSANAH dilahirkan di kampong Pasisian desa Kaso Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Lahir pada tanggal 9 September 1971 adalah anak ke 1 dari 2 bersaudara pasangan dari seorang Ayah  bernama DASTA YOGASWARA  dan  seorang  IBU
 bernama UKAS ROSITA
 Penulis dan keluarga adalah penganut Agama Islam.Tinggal di Kampung Pasisian RT 03 RW 11 Desa Kaso Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Pada tahun 1978 Penulis mulai masuk Sekolah Dasar Negeri 1 Bolang di Kecamatan Dayeuhluhur lulus tahun 1984, selanjutnya masuk ke SMP N 1 Rancah di Kecamatan Rancah lulus pada tahun 1987. Setelah tamat dari SMP N 1 Rancah melanjutkan ke SPG Pasundan Banjar Di Kecamatan Banjar kota Banjar dan lulus tahun 1990. Pada Tahun 2003 Penulis melanjutkan sekolah di D2 IAILM Suryalaya Tasikmalaya. Penulis diangkat menjadi guru tahun 2007 dan ditempatkan di SD N 2 Kadupandak  Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis sampai dengan sekarang.
Pada tahun 2008 penulis masuk pendidikan S1 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Tasikmalaya sampai sekarang.





Nama Siswa :…………………………………..
   Kelas            :………………………………….
Nilai Siswa   :………………………………….
Paraf Guru    :…………………………………..
LEMBAR JAWABAN SISWA
SIKLUS I
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….


Nama Siswa :…………………………………..
   Kelas            :………………………………….
Nilai Siswa   :………………………………….
Paraf Guru    :…………………………………..
LEMBAR JAWABAN SISWA
SIKLUS II
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

No comments:

Post a Comment