Monday, August 11, 2014

Disaat kerja atau kuliah peluang bisnis lebih mudah



Bisnis adalah suatu kegiatan yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapat keuntungan. Untuk melakukan kegiatan bisnis  secara teori diperlukan beberapa faktor atau lebih dikenal  dengan sebutan 4P.
Apakah 4P tersebut ?
P : Product
P : Pricing
P : Placement
P : Promotion

Sadar atau tidak sadar para pelaku bisnis telah melakukan kegiatan 4P untuk menjalankan bisnisnya. Kenapa disaat kerja atau ketika masih kuliah peluang berbisnis lebih mudah adalah karena secara  tidak sengaja 1 faktor penting dari 4P diatas sudah terpenuhi yaitu Placement.  
Saat ini saya masih berusia 20 tahun masih berkuliah di universitas narotama semester lima dan bekerja di perusahaan jasa psikologi Bina Grahita Mandiri Surabaya, bisnis yang sedang saya jalani adalah berjualan kue, tempat untuk memasarkan kue tersebut adalah di kampus dan di kantor, dan al hasil banyak juga temen kantor dan temen kampus yang mau beli kue ku. Dan keuntungan yang diperoleh pun bisa jadi lebih besar, karena ada beberapa biaya yang terpangkas secara otomatis karena sudah tercover oleh anggaran biaya yang lain. Ada peribahasa yang menyatakan “satu kali dayung dua pulau terlampaui” , karena ketika saya berjualan dikampus dan dikantor , saya tidak memerlukan biaya untuk sewa tempat dan transportasi. Hehehe kan udah tercover tuh ke kampus mau kuliah ke kantor mau kerja.

Selain dari segi biaya dari segi promotion pun lebih menguntungkan karena menawarkan ke teman kantor atau ke teman kuliah bisa jadi pada awalnya mereka hanya sekedar  sungkan kalau tidak beli atau juga kasihan sama temennya yang jualan, tapi keuntungannya disini adalah ketika kue yang dijual enak maka mereka bisa pesen lagi dan akhirnya ketika kerja mendapat penghasilan gaji dan tambahan dari jualan kue begitupun ketika kuliah pulang bawa ilmu dan bawa keuntungan hasil berjualan.

Bagi temen- temen yang masih kuliah atau sudah bekerja dan memiliki jiwa bisnis manfaatkan status sosial anda untuk berbisnis jangan disia-siakan yaa…
Coba bayangkan jika anda berjualan tanpa memiliki tempat dan target konsumen yang pas untuk jadi sasaran produk yang anda jual tentu akan sulit ..
Satu hal lagi ketika berbisnis ada sensais tersendiri yang sangat positif diantaranya semakin banyak relasi dan semakin mempererat tali silaturahmi..

No comments:

Post a Comment